Berita

Dinas Pariwisata Rohul Gelar Ajang Bujang Dara Tahun 2023

Melalui kegiatan pemilihan Bujang Dara Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2023, Pemerintah berharap dapat meningkatkan bakat dan minat para remaja dalam pengembangan diri sehingga kelak menjadi penerus bangsa yang lebih baik.

Hal ini diungkapkan Bupati Rokan Hulu, H Sukiman saat menghadiri penutupan Grand Final pemilihan Bujang Dara Rohul tahun 2023, Senin (12/06).

Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Sapadia Pasir Pengaraian tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Rohul, Syafaruddin Poti, Kepala Dinas Pariwisata Rohul, Gorneng, Ketua TP PKK Rohul, Hj Peni Herawati dan seluruh Camat se Kabupaten Rokan Hulu.

Diakui Sukiman, pada perhelatan Bujang Dara ditingkat Provinsi Riau pada periode sebelumnya, Kabupaten Rokan Hulu tidak kalah berkualitas dibandingkan Bujang Dara Kabupaten/Kota lain yang ada di Provinsi Riau, sehingga diharapkan para pemenang Bujang Dara Rohul ini nantinya juga dapat mengharumkan nama Kabupaten Rokan Hulu dalam ajang Bujang Dara ditingkat Provinsi nantinya.

 

"Rohul ini tidak kalah dengan Kabupaten lain, sehingga diharapkan juga dapat menjadi juara nantinya ditingkat Provinsi," kata Sukiman.

Melalui ajang pemilihan Bujang Dara ini juga, dijelaskan mantan Kadisdikpora Rohul itu, dapat memotivasi para pemuda ditingkat Kecamatan untuk dapat bersaing ditingkat Kabupaten. "Kita berharap kepada anak remaja ditingkat SMA dan perguruan tinggi agar dapat termotivasi dalam mengikuti ajang seperti ini," tambahnya.

Dalam perkembangan teknologi, H Sukiman mengaku prihatin terhadap anak-anak generasi bangsa terkhusus di Negeri Seribu Suluk yang mulai terbawa arus, sehingga tidak sedikit yang terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik.

"Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan  pemilihan Bujang Dara yang disponsori oleh Dinas Pariwisata ini, dapat membuka kesempatan kepada para remaja untuk dapat lebih berprestasi," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Rohul, Gorneng mengaku ada sebanyak 34 peserta Grand Final Bujang Dara Rohul yang diambil dari 13 Kecamatan dan umum yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.

"Kegiatan ini sudah kami sosialisasikan baik melalui media maupun secara langsung di beberapa Universitas yang ada di Rokan Hulu sebelumnya, sehingga para peserta banyak yang mengikuti," kata Kadis Gorneng.

Diakuinya juga, para pemenang Bujang Dara Rohul nantinya akan didaulat menjadi duta Rokan Hulu yang akan mempromosikan baik objek wisata, Kuliner maupun hal lain yang ada di Negeri Seribu Suluk.

Dalam perhelatan Bujang Dara Rohul, Juara 1 diperoleh oleh Singgih Arya Bintang dari Ujung Batu dan Putri Dwi Cahya Ningsih dari Umum Rambah. Dengan kata lain, mereka berdua akan mewakili Kabupaten Rokan Hulu dalam perhelatan Bujang Dara Riau tahun 2023 mendatang.